-->
WELCOME TO IBNU SULAMIN BLOG. PLACE TO SHARE INFORMATION OF ISLAM, EDUCATION, COMPETITION INFORMATION. "SEDERHANA DALAM AS-SUNNAH LEBIH BAIK DARIPADA BERSUNGGUH-SUNGGUH DALAM BID'AH. (Ibnu Mas'ud R.A)"

Sabtu, 09 April 2011

Uniform Corrosion 2

Skema Terbentuknya Korosi Merata

Korosi pada logam terjadi karena adanya reaksi redoks antara logam dengan lingkungannya. Korosi merata berlangsung secara lambat dan korosi ini dipicu oleh korosi yang mula-mula terjadi pada sebagian permukaan logam sehingga dengan bertambahnya waktu  akan menyebar ke seluruh permukaan logam.



DAMPAK Uniform Corrosion:
Karena korosi terjadi pada permukaan logam secara merata, sehingga terjadi pengikisan permukaan logam, akibat permukaan bereaksi dengan lingkungan dan menjadi produk karat (merata).
Yang kemudian ketebalan logam berkurang.

Dampaknya terhadap material / benda kerja yang terkorosi merata:

Kekuatan dan ketangguhan Material/benda kerja berkurang.
Material terdegradasi secara lambat (penuaan), hingga akhirnya kembali menjadi bentuk bijih.
Menurunkan nilai estetika daripada benda kerja.
Produk korosi menimbulkan pencemaran lingkungan.

Kerusakan material yang diakibatkan oleh korosi merata umumnya dinyatakan dengan laju penetrasi yang ditunjukkan sebagai berikut :

Secara teknik, korosi merata tidak berbahaya karena laju korosinya dapat diketahui dan diukur dengan ketelitian yang tinggi. Sehingga kegagalan materi akibat serangan korosi ini dapat dihindari dengan pemeriksaan dan monitoring secara teratur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan Komentar, saran, dan masukan anda.,..