-->
WELCOME TO IBNU SULAMIN BLOG. PLACE TO SHARE INFORMATION OF ISLAM, EDUCATION, COMPETITION INFORMATION. "SEDERHANA DALAM AS-SUNNAH LEBIH BAIK DARIPADA BERSUNGGUH-SUNGGUH DALAM BID'AH. (Ibnu Mas'ud R.A)"

Sabtu, 09 April 2011

Uniform Corrosion

Blog ini Saya tulis mengenai sedikit yang saya ketahui mengenai korosi selama sekolah.
Ini tentang Uniform Corrosion,
Langsung saja, monggo dilihat...



Definisi :
Korosi yang terjadi pada seluruh permukaan logam (material) secara merata akibat kontak langsung dengan lingkungan pada intensitas kontak dan laju yang sama.


Mekanisme:
Korosi merata terjadi karena Reaksi kimia (poses anodik dan katodik) yang berlangsung pada permukaan logam terdistribusi secara merata.
Ini terjadi karena adanya pengaruh dari lingkungan sehingga kontak yang berlangsung mengakibatkan seluruh permukaan logam terkorosi.


Korosi seperti ini umumnya dapat kita  temukan pada baja di atmosfer dan pada logam atau paduan yang aktif terkorosi (potensial korosinya berada pada daerah kestabilan ionnya dalam diagram potensial-pH).







Reaksi-reaksi pada Korosi Merata :

Reaksi pada lingkungan basa,
Fe(s)  Fe2+(aq) + 2e
O2 + 2H2O + 4e  4OH-
2Fe + O2 + 2H2O  2Fe(OH)2

Reaksi pada lingkungan asam,
Fe(s)  Fe2+(aq) + 2e
O2(g) + 4H+(aq) + 4e  2H2O(l)
2Fe + O2+ 4H+  Fe2+ + H2O

Ion besi (II) yg terbentuk pada anode selanjutnya teroksidasi membentuk ion besi (III) yg kemudian membentuk senyawa oksida terhidrasi, Fe2O3 . xH2O, yaitu karat besi.


Skema Terbentuknya Korosi Merata :

Korosi pada logam terjadi karena adanya reaksi redoks antara logam dengan lingkungannya. Korosi merata berlangsung secara lambat dan korosi ini dipicu oleh korosi yang mula-mula terjadi pada sebagian permukaan logam sehingga dengan bertambahnya waktu  akan menyebar ke seluruh permukaan logam.


bersambung......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan Komentar, saran, dan masukan anda.,..