-->
WELCOME TO IBNU SULAMIN BLOG. PLACE TO SHARE INFORMATION OF ISLAM, EDUCATION, COMPETITION INFORMATION. "SEDERHANA DALAM AS-SUNNAH LEBIH BAIK DARIPADA BERSUNGGUH-SUNGGUH DALAM BID'AH. (Ibnu Mas'ud R.A)"

Rabu, 09 November 2011

SEKILAS TENTANG KARBON AKTIF DARI ECENG GONDOK (BAG.1)

Hai, sudah agak lama Saya tidak menulis di blog ini. OK, lansung saja Saya akan menjelaskan sedikit tentang karbon aktif  dari eceng gondok (Eichhornia crassipes).

Sebelum menjelaskan tentang sintesa dan karakterisasinya, ada baiknya kita simak penjelasan tentang pengenalan serta manfa'at darinya.

Karbon aktif  merupakan material yang memiliki struktur-struktur berpori kompleks dengan energik diasosiakan sebagai inhomogeneties kimia (Sudaryanto, S. et al . 2005).Karbon aktif merupakan salah satu penyerap (adsorbent) penting dari limbah gas industri berbahaya (Sudaryanto, S. et al. 2005), penjernih air, dan lain-lain.

Ada 2 macam proses dalam preparasi karbon aktif, yaitu metode aktivasi secara kimia dan metode aktivasi secara fisika. Metode aktivasi kimia dikenal memiliki metode satu langkah preparasi karbon aktif dengan menggunakan  bahan kimia (chemicals agents).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan Komentar, saran, dan masukan anda.,..